Header Ads

Materi




Vclass.unila.ac.id adalah alamat server untuk pembelajaran jarak jauh berbasis TIK di lingkungan UNILA, penganti dari kuliah.unila.ac.id
E-Learning (Electronic-Learning) adalah metode pembelajaran yang memanfaatkan information technology and communication (ITC) atau teknologi komunikasi dan informasi untuk menyampaikan materi kuliah, forum, tugas, quis, ujian dan penilaian. Dengan menggunakan E-Learning ini diharapkan mahasiswa akan lebih mudah men-akses kegiatan perkuliahan dimana saja dan kapan saja.
Tutorial ini juga dapat diunduh dalam bentuk file di Tutorial Vclass
Berikut ini langkah demi langkah dalam pemanfaatan vclass/e-learning di Universitas Lampung:

1. Pendaftaran

klik atau copy paste ke browser link berikut ini : http://vclass.unila.ac.id/ maka akan muncul menu awal vlass seperti ini: awal kemudian klik login pada menu kanan atas, maka akan muncul sebagai berikut: login Karena Vclas ini sudah sinkron dengan login untuk akses internet diunila maka : isikan Username dengan login untuk akses internet di UNILA (umumnya nama lengkapnya, kalau terdiri dari dua kata ditambah titik, contoh agus.trisanto ) isikan Password dengan password untuk akses internet di UNILA (umumnya password untuk BKD ditambah unila contoh: bkdunila) setelah menyisikan username dan password kemudian mengklik login maka akan muncul tampilan sebagai berikut: masuk Untuk membuat atau menambah mata kuliah : klik dibagian Site administration (menu kiri bawah, seperti petunjuk pada gambar diatas), (Perhatian menu penambahan fungsi Site administration agar bisa membuat/menambah mata kuliah/course menunggu konfirmasi dari PUSKOM) Menunggu …untuk konfirmasi PUSKOM agar bisa menambahankan mata kuliah…….. ……

2. Menambah Mata Kuliah

jika sudah dikonformasi PUSKOM maka kita dapat membuat/menambahkan mata kuliah, seperti tampilan berikut ini: daftar klik pada bagian Add a new course untuk membuat/menambahkan mata kuliah, maka akan muncul sebagai berikut: add tampilan diatas memperlihatkan tampilan edit course settings atau membuat nama mata kuliah dan deskripsinya, isi kan semua/wajib diisi yang bertanda bintang merah (* ) contoh yang sudah di isi seperti berikut ini: deskripsi1 Course full name* isikan dengan nama mata kuliahnya Course short name* isikan dengan singkatan mata kuliahnya Course category : pilih fakultas nya visible : pilih show / dapat terlihat Course start date : pilih tanggal mulai kuliah Course ID number : isikan kode mata kuliahnya Setelah mengisikan data diatas selanjutnya bisa di tuliskan deskripsi mata kuliahnya/ boleh tidak diisi, berikut ini contoh isian deskripsi mata kuliah, dalam format HTML deskripsi2 Pada deskripsi mata kuliah bisa ditambahkan gambar,link, dll, seperti berikut ini: deskripsi3 setelah selesai menuliskan deskripsi langkah selanjutnya adalah mengatur jumlah pertemuannya klik pada bagian Course format, seperti tampilan berikut ini: courseformat tampilan diatas memperlihatkan menu Course format, Format : dengan Weekly format ( umumnya mengunakan metode pertemuan mingguan, materi berdasarkan pertemuan mingguan ) atau bisa juga Topic ( materi berdasarkan topik perkuliahan) Number of sections : dengan jumlah pertemuan dalam satu semester atau kalau di pilih topic berapa materi topik yang akan diberikan dalam satu semester setelah mengisikan format isian klik pada bagian bawah tengah Save changes savechange courseformat2 maka akan muncul tampilan sebagai berikut: weekly tampilan diatas memperlihatkan banyaknya pertemuan sebanyak 16 kali sesuai apa yang telah diatur yaitu berdasarkan jadwal weekly/mingguan, namun masih dalam mode off (tidak dapat diedit) untuk menambahkan materi klik dibagian kanan Turn editing on turneditingon maka muncul tampilan mode on (mode dapat di edit), seperti gambar dibawah ini perhatikan pada menu kanan Turn editing on berubah menjadi Turn editing off turnoff ket-pertemuan untuk merubah tanggal pertemuan dengan judul pertemuan atau untuk menambah keterangan dapat dilakukan dengan men-klik pada bagian bahwa tanggal yang berbentuk roda gigi, seperti keterangan tampilan diatas, maka akan muncul tampilan sebagai berikut : tulis Summary untuk menampilkan summary, weekly1 kemudian klik Save changes savechange maka akan muncul tampilan sebagai berikut: weekly3 demikian pengisian format pertemuan mingguan / weekly, jika ingin merubah pertemuan dalam format topic maka akan muncul tampilan sebagai berikut: topik untuk menambahkan atau merubah judul Topic klik pada bagian roda gigi seperti keterangan diatas (pada format weekly)  

3. Menambahkan Materi

Setelah selesai mengatur jadwal pertemuan mingguan atau per topik bahasan, langkah selanjutnya adalah mengisi Materi yang akan disampaikan pada setiap pertemuan mingguan atau pada setiap topik bahasan, caranya adalah dengan memiliki activity atau resource apa yang akan diberikan, klik pada bagian +Add an activity or resource add-resource maka akan muncul tampilan sebagai berikut: addresourse selanjutnya adalah mengisi RESOURCES.

a. Book

Resource book adalah semacam sumber buku bacaan pada pertemuan tanggal tersebut: klik pada pilihan Book, maka akan muncul keterangan tentang Book Module book memungkinkan pengajar untuk membuat format seperti buku dimana ada bab dan subbab nya book kemudian klik Add maka akan muncul tampilan sbb: buku1 kemudian klik Save and display maka akan muncul tampilan sebagi berikut: buku2 tuliskan judul bab: Chapter title* , dan Content*, jika sudah disini maka tampilan Book seperti gambar dibawah ini: buku3 demikianlah resource book, silahkan dimanfaatkan sesuai kebutuhannya.

b. File

Untuk menambah sumber materi kuliah/resource File, sama seperti diatas hanya pada saat pilihan resource dipilih File, seperti gambar berikut ini: pilihan ini memungkinkan menambah sumber bahan ajar berbentuk file/ resource file seperti file PDF, file PPT, file Excel dll file klik pada bagian Add maka akan muncul tampilan sebagai berikut: file2 klik + Add… untuk meng-upload difile ke server, file3 klik Browser untuk memilih difile yang akan diupload ke server dari komputer, seperti tampilan berikut : pilihfile1 jika sudah di pilih, upload file maka muncul tampilan seperti ini: file5 jika sudah ter upload maka klik Save and display saveandisplayuntuk menyimpan dan melihat hasilnya Jika diklik file yang sudah diupload tersebut maka file secara otomatis akan didownload, file6

c. Folder

untuk menambah Folder, sama seperti contoh diatas pilih bagian Folder, (sama seperti resource file, pilihan Folder lebih memungkinkan ditambahkan beberapa file) folder folder1 membuat Folder klik Create folder folder4

d. Page

untuk menambah halaman/Page, pilih pada bagian Page ( page berbentuk halaman HTML/WEB Page, bisa ditambahkan gambar, text, suara, video, web link, code dll)   page untuk menambahkan page klik Add, maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini: page2 Isikan keterangan page seperti contoh diatas, Name* (wajib diisi, nama page nya), Description* (wajib diisi, dikripsi pagenya) dan yang terakhir Page content* (wajib diisi, berisi halaman/page yang akan dibuat dengan menggunakan format HTML), contoh pengisian page dapat dilihat dibawah ini: page3 web page dapat diisi dengan gambar, video, suara maupun program yang berbasis java, ket-page bagaimana membuat web page, sintak apa saja yang dapat di masukan dapat dilihat/dipelajari di: http://www.w3schools.com/

e. Link

Bahan ajar dapat juga merujuk pada alamat web tertentu, untuk itu bisa ditambahkan dalam resource ULR, pilih ULR, url tambahkan ULR (rujukan alamat web) dengan men-klik Add, maka muncul tampilan sebagai berikut: (isikan semua yang bertanda bintang * ) ulr1 klik Save and display saveandisplay maka akan muncul tampilan sebagai berikut: ulr2

1 komentar:

Gambar tema oleh Nikada. Diberdayakan oleh Blogger.